DWISU.WEB.ID – Personal Branding atau citra diri bagi seorang pemburu rupiah dari internet seperti saya itu penting. Salah satu media yang cukup ampuh untuk membangun personal branding adalah melalui Facebook. Wajar saja jika kemudian personal branding menjadi bagian dari facebook marketing. Jika personal branding facebook Anda sudah bagus akan mudah memasarkan apa saja.
Ilmu personal branding melalui facebook ini saya dapatkan
ketika saya mengikuti Kopdar IM Cikarang, sebuah komunitas untuk warga Cikarang
dan sekitaranya yang memiliki ketertarikan didalam dunia IM (Internet Marketing).
Dalam kopdar itu Pemateri membagikan cara membangun personal branding melalui
facebook.
Dalam pemaparannya Jupri Maulana, CEO Saung Digital
mengungkapkan kalau dirinya mendapatkan omset jutaan rupiah dari jualan produk
digital tanpa harus beriklan difacebook atau Ads Google tapi murni dari
Facebook personal. Beliau membagikan tips-tips seputar facebook marketing yang
belum saya ketahui sebelumnya salah satunya dari Intro Profil Facebook.
Baca Juga : Mahalnya Nilai Sebuah Usia Domain
Intro Profil Facebook Itu Penting
Intro profil merupakan biodata akun facebook Anda dimana
letaknya persis dibawah foto profil dimana bisa diisi hingga 110 karakter.
Puluhan tahun memiliki akun facebook, saya tidak memperhatikan intro ini malah
kosong. Karena saya ingin membangun personal branding saya melalui facebook
saya harus mengisi biodata yang bisa mewakili keahlian saya.
Saya berpikir kira-kira kalimat apa yang cocok untuk mengisi
biodata yang bagus Jadi jika ada orang yang melihat profil facebook saya akan
tahu Siapa saya sebenarnya khususnya keahlian atau bisnis yang saya tekuni.
Setelah menimbang-nimbang akhirnya saya memutuskan untuk mengisi biodata akun
facebook saya dengan kalimat, “Influencer, Content Writer & Vlogger”.
Kenapa saya lebih memilih Influencer dikata pertama? Saya
ingin memberitahukan kepada publik khususnya teman facebook kalau saya ini
seorang influencer. Bagi pemain internet marketing khususnya E-commerce tentunya
sudah hafal apa itu influencer marketing. Pemasaran internet yang menggandeng
Influencer baik dari kalangan Selebriti, Blogger maupun Ahli dinilai cukup
efektif mempengaruhi target pasar untuk membeli produk atau jasa yang direview
influencer.
Saya tidak memilih menggunakan kata Publisher Adsense atau
Nama Toko Online karena saya merasa kurang cocok untuk target market saya.
Dengan pemberian biodata ini harapan saya akan ada pihak-pihak yang mengajak
kerja sama dengan saya dalam bentuk artikel review atau content placement.
Apakah cukup dengan memberi biodata saja, tentu tidak itu
hanya sebagian langkah dari facebook marketing masih banyak langkah berikutnya
yang lebih penting. Langkah yang paling mendesak adalah mencari teman facebook
sesuai dengan Target market jadi tidak asal menambah teman karena tidak akan
efektif. Misalanya saja meg Add Ibu rumah Tangga atau anak sekolah.
Jadi jangan heran ya kalau sekarang ini saya mengaku sebagai
Influencer karena saya ingin memaksimalkan penghasilan sebagai seorang Influencer
apalagi saya memiliki aset yang mendukung untuk pekerjaan itu seperti memiliki
kemampuan menulis yang baik, memiliki beberapa blog serta channel YouTube.
Bagaimana dengan Anda Apakah sudah mengisi biodata facebook
sesuai dengan target market yang tepat?
0Komentar
Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam