--> Skip to main content

Cara Hemat Membangun Website yang Menghasilkan Uang


DWISU.WEB.ID - Saat saya share penghasilan dari website atau blog, banyak yang bertanya Bagaimana cara membuat website dan apakah mahal? Pertanyaan ini wajar diajukan karena tidak semua orang paham.

Sebuah website di era digital seperti sekarang ini perannya sangatlah penting bagi bisnis. Digital marketing tak bisa lepas dari peran website baik bisnis skala kecil atau kelas perusahaan.

Muncul pertanyaan memang bisa mengelola website secara pribadi? tentu bisa. Saya sudah membuktikannya sendiri. Saya punya 4 website berjenis blog yang masih saya kelola sampai sekarang.

Biaya yang saya keluarkan untuk mengelola semua website tersebut masih dibawah 500 ribu per tahun jadi masih terjangkau.

Faktanya dari website tersebut saya mampu meraup uang jutaan rupiah. Penghasilan bulanan memang masih kecil tapi cukup membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara Hemat Membangun Website

Tertarik untuk membuat website dengan budget minim? Berikut trik yang bisa kamu lakukan agar lebih hemat biaya.

1. Beli domain ccTLD (Code country Top Level Domain)

Harga domain yang populer seperti ekstensi COM relatif mahal sekitar 169.000 per tahun. Buat pemula tentunya lumayan memberatkan. Solusinya kamu bisa memilih domain ccTLD atau domain lokal negara Indonesia. Contohnya WEB ID, BIZ.ID.

Harganya cuma Rp.55.000 setahun. Kamu bisa membelinya di registar domain Indonesia contohnya: IDWEBHOST, DOMOSQUARE dan lain lain.

Ketersediaan domain ini lebih banyak dibandingkan COM yang gunakan diseluruh dunia.

2. Buatlah blog di Blogger.com

Setiap domain butuh hosting untuk menyimpan file website sehingga ketika diakses bisa muncul informasinya. Jika kamu baru beli domain maka harus diarahkan ke hosting (name server) terlebih dahulu.

Untuk menghemat biaya kamu bisa memanfaatkan hosting gratis dari blogger. Caranya dengan membuat blog terlebih dahulu di blogger. Nantinya blognya diarahkan ke domain yang kamu beli atau istilahnya custom domain.

3. Isilah dengan konten 

Setelah domain dan hosting terhubung langkah selanjutnya mengisinya dengan konten. Jika website berupa informasi kamu harus menulis artikelnya sendiri atau membelinya ke jasa penulisan artikel. Tulislah artikel mengikuti kaidah SEO.

Berbeda jika jenis websitenya berupa Landing page, kamu harus membuat copywriting semenarik mungkin agar pengunjung tertarik melakukan aksi.

Sebuah website memiliki manfaat yang penting sebagai alat promosi barang atau jasa. Website juga bisa memperkuat brand awareness.

Contohnya seperti yang dilakukan organisasi PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) dengan website terintegrasi antara pusat dan daerah salah satunya dari Kota Agung Lampung dengan website pafikotaagung.org

Dengan adanya website tersebut akan memudahkan masyarakat mengenal organisasi PAFI atau para pekerja farmasi yang ingin bergabung.

Kesimpulan

Mengingat besarnya manfaat sebuah website bagi bisnis, tidak ada salahnya kamu membangun website dari sekarang. Dengan cara yang sudah dibahas diatas. Selamat mencoba! 



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar