--> Skip to main content

Mau Kuliah Farmasi? Daftar ke Universitas Ini Saja


DWISU.WEB.ID - Lulus SMU tapi bingung mau kuliah ke mana? universitas di Indonesia memang banyak tapi kamu harus jeli memilih jurusannya. Idealnya lulusannya nanti peluang kerjanya luas.

Salah satu jurusan yang peluangnya bagus adalah farmasi. alasannya jurusan ini berkaitan erat dengan pelayanan kesehatan.

Coba aja kamu hitung berapa jumlah rumah sakit atau apotik, tentunya banyak bukan? nah nantinya kamu bisa terjun ke sana. Tidak hanya itu saja kamu juga bisa terjun ke Industri farmasi.

Mengenal Jurusan Farmasi

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs resmi Universitas Pelita Harapan, farmasi merupakan jurusan yang menggabungkan ilmu kesehatan dan kimia dengan fokus pada pengobatan termasuk proses pembuatan dan pengembangan obat dari senyawa kimia agar dapat digunakan dengan tepat dan efektif.

Mahasiswa jurusan farmasi setelah lulus nanti diharapkan dapat mengidentifikasi obat-obatan dan bahan dasar secara visual termasuk bentuk tekstur dan warna.

Jika dibandingkan dengan jurusan lain farmasi punya keunggulan tersendiri yang mana farmasi menjadi salah satu industri yang selalu berkembang dan dibutuhkan sebab kesehatan adalah kebutuhan dasar manusia.

Program sarjana farmasi bertujuan untuk mencetak lulusan dengan pengetahuan keterampilan dan kualitas pribadi yang unggul untuk memberikan layanan farmasi yang berkualitas tinggi kepada masyarakat khususnya di bidang farmasi dan produk alami

Beberapa pilihan karir dan prospek kerja bagi lulusan farmasi

1. Pelayanan farmasi klinik seperti rumah sakit puskesmas klinik dan apotik.

2. Produksi produk farmasi kosmetik obat tradisional makanan dan minuman.

3. Distribusi perbekalan farmasi 

4. Pengawasan mutu pengembangan obat-obatan kosmetik makanan dan minuman. 

5. Pengembangan jamu dan bahan alam lainnya.

6. Pengusaha farmasi

20 kampus dengan jurusan farmasi terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI).

2. Universitas Airlangga (UNAIR).

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD).

5. Universitas Lampung (UNILA). 

6. Universitas Gadjah Mada (UGM).

7. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) 

8. Institut Pertanian Bogor ( ITB)

9. Universitas Sriwijaya

10. Universitas Sumatera Utara (USU).

11. Universitas Brawijaya (UB).

12. Institut Teknologi Sepuluh November

13. Universitas Syah Kuala 

14. Universitas Andalas (UNAND).

15. Universitas Hasanuddin.

16. Universitas Diponegoro (UNDIP).

17. Universitas Tadulako.1

18. Universitas Jember (UNEJ).

19. Universitas Riau (UNRI).

20. Universitas Udayana (UNUD).

Sekedar menambah wawasan buat kamu, Ahli farmasi di Indonesia  memiliki organisasi resmi bernama PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia).

Tujuan dibentuknya organisasi diantaranya untuk  meningkatkan kesejahteraan anggota, mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi bagi masyarakat Indonesia.

PAFI  memiliki situs resmi baik ditingkat pusat maupun daerah. Salah satunya cabang kota bengkayang Kalimantan Barat dengan alamat situs https://pafikotabengkayang.org/

Demikianlah informasi seputar kuliah farmasi semoga membantu kamu dalam mencari universitas yang tepat. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar