--> Skip to main content

Terungkap! Ternyata Ini Isi Kotak P3K


DWISU.WEB.ID - Apakah Anda punya anak kecil yang aktif? jika YA saya yakin pernah terjadi insiden yang membuat anak cidera atau terluka contohnya jatuh hingga luka atau mendadak sakit. Bahkan mungkin Anda sendiri yang sakit.

Tak jarang orang tua panik kalau terjadi insiden apalagi sampai berdarah-darah.  Kebetulan saya juga pernah mengalaminya. Anak saya terkena benda tajam hingga luka. Untungnya saya bisa tetap tenang sehingga buru-buru melakukan pertolongan pertama untuk menghentikan pendarahan.

Dari kejadian-kejadian yang sering saya alami membuat saya sadar betapa pentingnya menyediakan kotak P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) di rumah atau saat bepergian.

Ini sangat berguna sekali menghadapi keadaan darurat misalnya anak demam tengah malam sehingga bisa segera memberikan pertolongan pertama.

8 Barang wajib di kotak P3K

Buat Anda yang berencana menyediakan kotak P3K, informasi ini bisa menjadi referensi yang saya kutip dari situs alodokter. Berikut informasi selengkapnya:

1. Betadine cairan  anti septik

Obat ini mengandung povidone iodine 10%. Bermanfaat sekali untuk membersihkan luka dari kontaminasi bakteri, parasit atau virus. berkhasiat juga untuk mencegah luka infeksi.

disarankan membersihkan luka dnegan air sebelum diberikan betadine. Area yang luka diolesi betadine lalu tutup luka dengan kain kasa.

2. Kain kasa

Bila luka dibiarkan begitu saja dikhawatirkan akan terkena debu atau kotoran yang berpotensi terjadi infeksi pada luka. Kain kasa bisa digunakan untuk melindungi luka. Jangan lupa gunakan plester agar kain kasa menempel kekulit.

3. Perban

Alat ini dimanfaatkan guna membebat bagian tubuh yang cedera tanpa luka contoh terkilir. Perban dibutuhkan  untuk mengurangi gerak sehingga membantu penyembuhan dan mencegah cidera lebih parah. 

4. Plester Hansaplast

Plester ini sangat bermanfaat untuk menutup luka yang ukurannya tidak besar contohnya tergores. Dengan diplester berguna untuk membantu penyembuhan dan melindungi luka dari kuman.

5. Panadol tablet

Obat yang satu ini mungkin sudah tidak asing buat anda karena bisa dengan mudah ditemukan di warung atau bisa jadi sering menggunakannya disaat sakit.

Obat ini mengandung parasetamol yang sering menjadi andalan untuk meredakan nyeri akibat berbagi kondisi. Bisa juga menurunkan panas tinggi dan sakit kepala

6. New Diatabs

Diare tidak boleh diremehkan karena berpotensi kekurangan cairan. Obat ini bisa menjadi pilihan diantara obat sejenis yang bermanfaat untuk mengatasi diare akibat infeksi maupun keracunan makanan

7. Termometer

Bagi anda yang punya anak balita, peralatan ini sangat penting yang bisa mengukir suhu tubuh saat demam.

Dengan mengetahui berapa suhu tubuh bisa menjadi indikasi seberapa parah demamnya. Segera konsultasikan ke dokter jika suhu tubuh mencapai 39,4 atau bayi 38 derajat celcius. 

8. Burnazin

Obat ini berkhasiat untuk mengobati luka bakar seperti tersiram air panas atau minyak.  Dengan kandungan antibiotik sulfadiazine dan silver didalamnya membuat Burnazin cocok untuk mengobati luka bakar stadium tingkat 2 dan 3. 

Setelah Anda mengetahui barang apa saja yang ada dikotak P3K, sudah sepatutnya mulai sekarang menyediakan nya meski belinya nyicil.  Saat ini tidak sulit untuk menemukan obat yang tercantum diatas. Apotek ada dimana-mana kalau pun tak ada bisa beli secara online.

Bila Anda  cermati informasi ini sangat berkaitan erat dengan dunia farmasi. Perannya begitu penting, ibarat sebuah mobil, pasti ada karoserinya.

Farmasi merupakan perpaduan dari 3 bidang ilmu diantaranya kedokteran, kimia serta biologi. Didalamnya mempelajari cara meracik, formulasi, identifikasi. membuat, mengkombinasi, analisis dan standar obat.  

Di Indonesia ahli farmasi berkumpul dalam sebuah organisasi salah satunya pafikotasungairaya.org. PAFI sendiri merupakan singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

Diharapkan dengan organisasi ini menjadi wadah untuk berkumpul dan memberi andil bagi kesehatan rakyat Indonesia.

Kesimpulan

Manfaat dari kotak P3K cukup penting untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi gangguan kesehatan baik didalam rumah atau diluar rumah.  Ngomong-ngomong sudah punya kotak P3K belum?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar