--> Skip to main content

Kemudahan Mendapatkan Obat Diera Digital

Obat era digital

DWISU.WEB.ID – Kemajuan teknologi tak bisa di pungkiri mampu merubah gaya hidup manusia. Salah satu teknologi yang maju pesat yaitu teknologi informasi internet. Sekarang ini untuk mencari sesuatu baik informasi atau produk sudah lebih mudah. Tinggal ketik kata kunci di Google nanti akan keluar semua informasinya bahkan hingga toko online yang menjualnya.

Kemajuan teknologi ini berperan besar dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Bayangkan jika saya sakit mau cari obat apa saja tinggal mengakses toko online khususnya situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada.

Saya pun bisa dengan mudah mencari informasi seputar komposisi dan fungsi sebuah obat di internet. Tinggal mengetikkan nama dagang obatnya maka akan keluar informasinya.

Tidak hanya obat kimia, obat herbal pun bisa ditemukan dan dibeli dengan mudah. Dengan kemudahan ini tentu ada sisi negatifnya salah satunya bisa terjadi mengkonsusmi obat dengan dosis yang tidak tepat atau membeli obat tanpa resep dokter.

Tips Aman membeli obat secara online

1. Perhatikan Golongan Obatnya

Obat yang bisa dijual tanpa resep dokter adalah obat golongan bebas dan bebas terbatas. Sedangkan kalau beli obat golongan obat keras harus disertai resep dokter. Meskipun Anda bisa mendapatkan obat keras tanpa resep sebaiknya dihindari untuk mengantisipasi efek samping yang tidak di inginkan.

2. Perhatikan reputasi tokonya

Untuk menjamin kualitas obat baik kimia atau herbal, perhatikan reputasi tokonya. Usahakan membeli obat di toko resmi contohnya kalau beli di Shopee tokonya berlabel Mall. Cari obat yang banyak pembelinya dan penilaian nya bagus-bagus.

3. Perhatikan produsen obatnya

Sebaiknya pilih obat dengan merek dagang yang sudah terkenal atau produsen ternama yang sudah berpengalaman dibidang obat. Hindari membeli obat yang tanpa merek atau curah. Pastikan obat atau herbalnya sudah terdaftar di BPOM.

BETEWE…membicarakan obat tak bisa lepas dari farmasi. Bagaimana tidak dari dari farmasilah tercipta obat-obatan yang berguna untuk mengatasi penyakit.

Begitu pentingnya peran farmasi ini, di Indonesia sejak lama sudah didirikan organisasi farmasi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan yang bernama PAFI.

Disetiap daerah terdapat cabang organisasi untuk mempermudah koordinasi anggotanya. Salah satu contohnya Pafi cabang Parit Malintang yang memiliki situs https://pafiparitmalintang.org 

Dengan adanya situs Pafi diharapkan masyarakat akan lebih mudah mengakses informasi seputar obat atau farmasi. Semoga Informasi ini bermanfaat!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar