--> Skip to main content

Tips Jitu Memilih Penyedia Domain Hosting Terbaik

Domain Hosting


DWISU.WEB.ID - Trafik tinggi tak akan berarti jika hostingnya sering bermasalah! Yups... memang membangun sebuah website profesional tak akan bisa lepas dari peran domain dan hosting. keduanya merupakan kesatuan yang tak terpisahkan. Contoh sebuah website yang menggunakan domain dan hosting girisimselradyoloji2023.org

Bagi pemula tentunya masih bingung dalam memilih penyedia domain dan hosting yang terbaik. Semua penyedia domain hosting mengklaim layanannya yang terbaik.

Mencoba satu persatu tentu bukan pilihan bijak karena hanya menghabiskan waktu dan biaya. Kalau dengan memilih 1 penyedia layanan domain hosting sudah bagus tentunya itu pilihan yang lebih efesien 

Cara Memilih Penyedia Domain Hosting 

Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu Anda lakukan sebelum membeli domain dan hosting agar Anda nyaman mengelola website berdasarkan pengalaman pribadi. Simak infonya sampai tuntas!

1. Dikelola oleh perusahaan bukan perorangan
Demi keamanan akun anda dan kemudahan dalam pengelolaannya sebaiknya memilih penyedia domain dan hosting yang berbentuk perusahaan seperti CV atau PT bukan perorangan. Membeli domain atau hosting melalui jasa perorangan rawan terjadi penyelewengan. Jika ada masalah tentu akan sulit dilacak keberadaannya.

Jika berupa perusahaan biasanya didukung tenaga ahli yang kompeten dibidangnya misalnya bagian support, pemasaran maupun billing sehingga pelayanannya jauh lebih baik dari pada perorangan.

2. Perhatikan Popularitasnya
Pilihlah penyedia domain dan hosting yang sudah berpengalaman bukan yang masih baru. Tidak mengapa harganya sedikit mahal yang penting pelayanannya bagus dengan didukung SDM yang berpengalaman dibidangnya.

Popularitas perusahaan bisa dilihat dari berapa usia domain web resminya semakin lama bisa menunjukkan kalau perusahaan tersebut terpercaya.

3. Customer Service Full Suport 
Mengelola domain maupun hosting tidak semudah jika menggunakan website gratisan apalagi jika penggunanya masih baru. Jika semuanya dilakukan sendiri misalnya setting atau mengelola DNS kadangkala menemui kesulitan contohnya set up blogspot ke domain TLD atau install Wordpress jika menggunakan hosting sendiri.

Ketika ada masalah tentu penyedia domain hosting perlu membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan segera karena website harus tetap online. Disinilah dibutuhkan CS yang siap sedia atau stand by menerima keluhan pelanggan.

Penyedia domain hosting yang bagus biasanya menyediakan line untuk chat sehingga keluhan bisa diterima dan ditindak lanjuti dengan cepat.

4. Minta rekomendasi ke pengguna hosting
Cara yang paling efesien dengan bertanya ke pengguna hosting yang sudah berpengalaman menggunakan layanan domain dan hosting. Caranya gimana? Apa bertanya ke satu persatu? Tidak dong! Anda cukup bergabung dengan grup-grup blogger dan lebih spesifik lagi pengguna Wordpress Self Hosted. 

Salah satu grup yang saya rekomendasikan adalah Wordpress Indonesia yang beranggotakan tak kurang dari 99 ribu.

5. Penyedia layanan Lokal
Penyedia layanan domain hosting luar negeri memang bagus pelayanannya namun pertimbangkan sistem pembayaran dan komunikasinya. Jika bagus tapi malah mempersulit Anda tentunya jadi kurang bagus juga.

Dengan memilih penyedia layanan domain hosting lokal, Anda lebih mudah dalam melakukan pembayaran atau komplain.

Demikianlah Tips Memilih Penyedia Domain Hosting Terbaik yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terima kasih sudah berkunjung.     
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar