--> Skip to main content

Lapak Online Ku Ganti Domain BIZ.ID

lapikinet


DWISU.WEB.ID - Memiliki website untuk jualan online sudah lama saya wujudkan. Pertama kali saya membuat website untuk jualan online pada tahun Januari 2018 lalu. Website pertama lebih fokus jualan cetakan martabak mini Happycall.

Sayangnya meski sudah mampu menjual produk saya memutuskan untuk tidak melanjutkan dengan berbagai alasan.  Pada September 2021, saya kembali membuat website jualan online yang kedua dengan membeli domain lapakinet.my.id.

Domain ini lebih umum sehingga bisa menjual apa saja baik produk atau jasa fisik maupun digital . Sayangnya domain my.id menurut saya kurang profesional untuk jualan karena domainnya terkesan murahan sehingga tak jarang digunakan untuk spam.

Akhirnya pada tahun ke- 4 saya memutuskan untuk berhenti menggunakan domain my.id dan menggantinya dengan biz.id dengan nama domain tetap LAPAKINET.BIZ.ID

Kenapa harus biz.id

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, domain biz.id adalah alamat yang sebenarnya diperuntukkan bagi para pelaku bisnis dan UMKM agar dapat meng-online-kan bisnisnya dengan website.

Nama biz id juga memiliki arti khusus, yang mana biz sendiri adalah kependekan dari bisnis, sedangkan id adalah Indonesia. Jadi bila digabungkan, domain biz id adalah alamat bisnis yang berasal dari Indonesia sehingga domain ini sangat cocok dengan bisnis dan UMKM.

Kalau boleh memilih tentu saya akan memilih domain COM tapi sayangnya ketersediaan namanya sudah mulai terbatas dan harganya mahal. Saat ini harganya sekitar Rp.174.000 per tahun. Untuk pebisnis pemula yang belum menguasai digital marketing tentunya memberatkan.

Baca juga: Cara membuat landing page affiliate program

Domain berfungsi sebagai identitas bisnis di dunia online, sedangkan biz.id adalah penguat identitas bisnis Anda.

Jadi, bila menggunakan domain biz id, besar kemungkinan dapat meningkatkan branding bisnis Anda yang berasal dari Indonesia.

Asyiknya lagi domain biz.id tidak ada syarat khusus untuk memesannya. Ditambah lagi harganya sedang promo cuma Rp.14.900! membuat saya tak kuasa untuk menggunakan domain ini.

Saya masih menggunakan mesin blog blogspot yang gratis dan mudah mengelolanya dibandingkan Wordpress dengan template landing page. Semua saya back up sendiri dari beli domain, setting dns blogspot hingga post produknya.

Saat artikel ini ditulis produk yang ada di website semuanya untuk program affiliates Shopee. Tidak menutup kemungkinan untuk memajang produk sendiri atau pun jasa.

Semoga domain ini membawa keberuntungan, Aamiin

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar